London (ANTARA News/AFP) - Pasar saham Eropa ditutup dengan kenaikan mantap dan euro menguat pada Kamis waktu setempat karena investor mengabaikan berita buruk dan mencari nilai dalam sebuah `rebound` teknis. Dealer mengatakan bahwa setelah kerugian besar baru-baru ini ada kemungkinan pasar telah menghargakan di terburuk -- banyaknya kerusuhan di dunia Arab mendorong harga minyak dan biaya rekonstruksi besar setelah gempa bumi Jepang.

Jatuhnya pemerintah Portugal pada Rabu dan meningkatnya kemungkinan Lisbon akan perlu mencari penyelamatan utang dari Uni Eropa-IMF, seperti Yunani dan Irlandia tahun lalu, juga tampaknya telah diperhitungkan, kata mereka.

Namun beberapa analis menyarankan bahwa pasar sedang puas, meremehkan masalah seperti yang masih jauh dari terselesaikan.

Harga saham naik substansial.

Di London, indeks FTSE 100 dari saham-saham terkemuka ditutup naik 1,47 persen di 5.880,87 poin. Di Paris, indeks CAC 40 naik 1,41 persen menjadi 3.968,84 poin dan di Frankfurt indeks DAX naik 1,90 persen menjadi 6.933,58 poin.

Kepercayaan tampak jelas di pasar saham, emas mencapai rekor tertinggi karena investor mencari tempat yang aman, kata para dealer.

Emas berada di 1.447,82 dolar per troy ons pada perdagangan sore, sementara perak melompat 38,16 dolar AS per troy ons, level tertinggi sejak Februari 1980.

"Emas dan perak membenarkan reputasi mereka sebagai pelabuhan yang aman, yang tidak mengherankan dalam iklim saat ini," analis Commerzbank Carsten Fritsch mengatakan dalam sebuah catatan penelitian.

"Selain perang di Libya, kerusuhan di kawasan Arab dan bencana di Jepang, dan krisis utang di negara-negara seputar zona euro juga kembali dengan dendam ke pusat suku bunga pasar."

Will Hedden, pedagang di IG Index, mengatakan pasar saham tidak muncul terlalu khawatir tentang Portugal, di mana mereka menganggap bailout tak terelakkan.

"Pasar ekuitas di Eropa dan Amerika Serikat tampaknya sudah menghargakan ini sebelum pecahnya krisis Jepang dan Libya, maka mengapa mereka terus ke arah tingkat pra-krisis," kata Hedden.

Analis CMC Markets Michael Hewson memperingatkan kepuasan, mencatat bahwa "sektor perbankan naik hari yang tampak aneh mengingat masalah dengan Portugal dan penurunan peringkat obligasiSpanyol oleh Moody`s.

Anda tidak dapat mempertimbangkan semua yang anda hanya membaca untuk menjadi informasi penting tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah. Tapi jangan heran jika Anda menemukan diri Anda mengingat dan menggunakan informasi ini sangat dalam beberapa hari mendatang.

"Saya pikir pasar sedang puas mengenai resolusi atau perjanjian pada sebuah solusi manajemen utang pada (KTT Uni Eropa dua hari di Brussel), mengingat bersaing faktor-faktor politik menarik politisi Eropa. "

Pasar saham Lisbon naik 1,12 persen, tidak mau kalah oleh rekan-rekan Eropa setelah mengabaikan sebuah tambahan negatif dalam bentuk sebuah penurunan peringkat Fitch dua tingkat.

Sementara euro berada di 1.4184 dolar, naik dari 1.4083 dolar di New York akhir Rabu, sementara dolar sedikit berubah menjadi 80,92 yen dari 80,94 yen.

"Pasar mengantisipasi keputusan parlemen Portugal untuk menolak rencana penghematan dan penyesuaian harga," katapedagang ETX Caoital, Anita Paluch.

Jane Foley di Rabobank mengatakan tidak mungkin para pemimpin Uni Eropa akan memberikan kesepakatan pengelolaan utang yang komprehensif yang percaya pasar diperlukan untuk mengatasi krisis zona euro deepseated.

Di New York, saham juga maju meskipun data bervariasi pada ekonomi menunjukkan perbaikan yang lambat di bagian depan pekerjaan tapi manufaktur masih lemah.

Indeks saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 0,59 persen pada sekitar 17.30 GMTdan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 1,11 persen.

Pasar tampak mengabaikan berita negatif, kata analis dari Briefing.com. "Para hits akan terus datang, namun pasar saham AS masih berdiri."

Dalam perdagangan Asia pada Kamis sebelumnya, Tokyo ditutup turun 0,15 persen, menyerahkan keuntungan awal setelah berita masalah baru pada pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima rusak parah.

Hong Kong naik 0,39 persen, Shanghai datar dan Sydney naik 1,01 persen.

(Uu.SYS/A026)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com