Cianjur (ANTARA News) - Warga Cianjur, Jabar, Minggu, memadatisepanjang Jalan Mangunsarkoro, Cianjur, untuk menyaksikan parade barongsai dalam rangka perayaan penutup tahun baru Imlek 2562/2011. Parade barongsai tersebut, digelar sejak sore hingga malam dimana tercatat 22 barongsai dengan berbagai macam bentuk dan warna, ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh tersebut.

Pemantauan ANTARA pada acara yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB itu,jalan Mangunsarkoro, sepanjang 500 meter, dipadati kendaraan. Pihak panitia mendirikan tenda kehormatan tepat di depan Vihara Bhumi Pharsjia, dimana acara tersebut dipusatkan.

Terlihat duduk di kursi kehormatan Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, Kapolres Cianjur, AKBP Djoko Hariutomo, Dandim 0608 Cianjur, Letkol (Inf) Dwi Suharjo, serta unsur muspida serta tamu undangan. Bupati Cianjur, membuka dan sekaligus menutup perayaan Cap Go Meh.

Dalam sambutannya di hadapan warga Tionghoa, Tjetjep merasa bersyukur, karena pembatasan yang selama ini dianggap diskriminatif, telah dihapuskan.

Dia berharap, momen tersebut dapat mempererat persatuan dan kesatuan antar ummat beragama, serta saling meghormati satu dan lainnya.

"Untuk itu, kita harus mempertahankan semangat saling membantu dan bergotong royong dalam upaya membangun Cianjur, lebih baik, lebih maju dan berkembang dimasa yang akan datang," katanya.

Think about what you've read so far. Does it reinforce what you already know about mobil keluarga ideal terbaik indonesia? Or was there something completely new? What about the remaining paragraphs?

Orang nomor satu di Cianjur itu, memberikan apresiasi sebagai bagian dari khazanah budaya bangsa, sehingga patut dijaga dan dilestarikan. Pasalnya budaya tersebut, kata dia, dapat menjadi media pemersatu yang kuat.

Dia berharap, warga Tionghoa di Cianjur, dapat meningkatkan peran aktif serta partisipasi dalam upaya pembangunan di segala bidang.

"Selama dia mengaku warga Cianjur, maka berkewajiban saling bahu membahu membangun wilayah," katanya.

Sementara itu, warga yang jumlahnya diperkirakan hingga ribuan tersebut sejak sore hingga malam memadati Jalan Mangunsarkoro, dimana puluhan barongsai dengan berbagai jenis dan bentuk, memperagakan atraksinya.

Ribuan warga tersebut, dengan antusias, mengikuti jalanya pesta penutupan perayaan Cap Go Meh tersebut. Bahkan menjelang berakhirnya acara, jumlah warga terus bertambah di sepanjang jalan yang dikenal sebagai kawasan pecinan di Cianjur. (FKR/A033/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com