Jakarta (ANTARA News) - Eva Kusuma Sundari, anggota komisi III DPR RI dari Fraksi PDI-P menilai kinerja DPR saat ini hanya menjadi "makmum" atau mengikuti kebijakan pemerintah dan mengesampingkan kepentingan rakyat. "DPR kok hanya bisa makmum," ujarnya ketika menjadi pembicara di seminar  "Korupsi Yang Memiskinkan" di Jakarta,  Selasa.

Menurut Eva,  parlemen telah gagal menjalankan pengawasan untuk memastikan sumber daya publik hanya untuk menguntungkan pemerintah.

Think about what you've read so far. Does it reinforce what you already know about mobil keluarga ideal terbaik indonesia? Or was there something completely new? What about the remaining paragraphs?

Eva melihat kegagalan utama parlemen karena parpol-parpol tidak punya komitmen yang kuat untuk mewujudkan  demokrasi di Indonesia dan misi parpol masih sebatas menggunakan demokrasi untuk mencapai kekuasaan. "Yang penting menang pemilu, jadi DPR, menteri dan presiden," ujarnya.

Dia menilai beberapa UU  merugikan orang miskin serta berpihak kepada perusahaan maupun  asing, contohnya UU pertanian yang menyengsarakan petani. "Pembuatan UU yang merugikan masyarakat dapat disebut koruptif dan melanggar konstitusi," ujarnya.
(ADM/A038/BRT)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com