Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menggandeng Amaury Sport Organization (ASO) dari Prancis untuk meningkatkan kualitas kompetisi balap sepeda Tour de Singkarak 2011. "Kerja sama yang dijalin pemerintah dengan ASO dari Perancis ini tidak hanya memungkinkan peningkatan kualitas penyelenggaraan tetapi juga menghadirkan pebalap-pebalap terbaik dari Amerika dan Eropa," kata Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Sapta Nirwandar, di Jakarta Senin.

Ia mengatakan, pada event Tour de Singkarak (TDS) 2011, ASO Perancis akan berperan sebagai konsultan dalam penyelenggaraan event akbar tersebut.

ASO sendiri memiliki pengalaman panjang dalam penyelenggaraan Tour de France, reli Paris Dakkar, dan Paris Marathon.

"ASO juga berpendapat bahwa kualitas TDS sangat berpeluang untuk ditingkatkan menjadi perhelatan olah raga sekelas Tour de France," katanya.

Pada TDS 2011, akan dilombakan 7 etape masing-masing Etape I Padang, Etape II Padang-Pariaman, Etape III Pariaman-Bukittinggi, Etape IV Bukittinggi-Payakumbuh, Etape V Payakumbuh-Sawahlunto, Etape VIA Sawahlunto-Pagaruyung, Etape VIB Pagaruyung-Padangpanjang, dan Etape VII Padangpanjang-Danau Singkarak.

"Beberapa tempat wisata baru akan menjadi bagian dari jalur lintasan lomba termasuk Lembah Harau," kata Sapta.

It's really a good idea to probe a little deeper into the subject of mobil keluarga ideal terbaik indonesia. What you learn may give you the confidence you need to venture into new areas.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, bersama 12 pimpinan daerah tingkat II kabupaten/kota dan sejumlah kepala dinas pariwisata daerah setempat menyampaikan komitmen dukungan penuh untuk perhelatan TDS 2011.

Komitmen itu disampaikan dalam Rapat Pleno TDS 2011 yang dipimpin oleh Dirjen Pemasaran Kemenbudpar, Sapta Nirwandar, di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

TDS 2011 yang telah masuk tahun ketiga penyelenggaraan secara resmi telah menjadi agenda perhelatan tahunan Union Cycliste Internationale (UCI), sebuah organisasi olah raga balap sepeda internasional yang telah menetapkan waktu penyelenggaraan TDS 2011 pada 6-12 Juni 2011.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumber dan para pimpinan daerah telah bermufakat untuk mendukung gelaran TDS yang akan menghadirkan 225 pebalap sepeda dari 10 tim nasional dan 15 tim internasional dengan menempuh jarak 813 km.

"Dukungan yang diberikan oleh 12 kabupaten/kota berupa partisipasi dana untuk hadiah perlombaan dan biaya program komunikasi selama penyelenggaraan TDS 2011. Selain itu berbagai fasilitas infrastruktur, sarana dan prasarana perhelatan juga menjadi bagian dari komitmen ini," demikian Sapta Nirwandar.

(H016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com