Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan mencapai final kedua tahun ini dan yang pertama pada Super Series saat meraih kemenangan pada semifinal Denmark Terbuka, Sabtu. Pasangan yang menjadi unggulan kedua tersebut tanpa banyak kesulitan mengalahkan ganda Jepang unggulan delapan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa 21-15, 21-16 di Odense, Denmark.

"Sebenarnya tidak mudah juga, tadi cukup alot pertandingannya," ujar Hendra usai pertandingan. Mereka hanya membutuhkan waktu 27 menit untuk meraih kemenangan.

Pasangan juara Olimpiade Beijing 2008 yang saat ini menempati peringkat tiga dunia itu mencapai final untuk pertama kalinya tahun ini di Malaysia GP Gold sekaligus meraih gelar pertama mereka di sana.

Pada final mereka akan melawan pemenang pertandingan antara unggulan teratas Mathias Boe/Carsten Mogensen dari Denmark dengan pasangan Jepang Yoshiteru Hirobe/Kenta Kazuno yang bertanding pada partai terakhir.

"Peluang untuk meraih juara masih 50-50 persen," kata Hendra yang dalam satu-satunya pertemuan mereka dengan Boe/Mogensen terjadi di Denmark tahun lalu saat Kido/Hendra kalah 16-21, 19-21.

Sedang dengan Hirobe/Kazuno, pasangan Indonesia itu menang dalam satu-satunya pertemuan mereka.

Adapun pemain tunggal putra Taufik Hidayat harus berjuang selama satu jam 15 menit untuk mencapai final kedua berturut-turut setelah dua pekan lalu mencapai final sebelum menjuarai Indonesia GP Gold di Samarinda.

Hopefully the information presented so far has been applicable. You might also want to consider the following:

Taufik mengalahkan pemain China Du Pengyu dalam pertarungan ketat yang diwarnai jatuh bangun juara Olimpiade Athena 2004 itu sebelum menang dengan skor 21-15, 17-21, 21-17.

Taufik akan memperebutkan gelar juara pada turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu dengan pemain tuan rumah Jan O Jorgensen setelah unggulan keempat tersebut menang atas Hu Yun dari Hong Kong 21-12, 21-17.

Taufik unggul tipis 2-1 dalam rekor pertemuan dengan Jorgensen, namun pemain Denmark itu memenangi pertemuan terakhir mereka di Malaysia Super Series awal tahun ini.

Sementara itu, ganda campuran unggulan kedua Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa gagal ke final setelah langkah mereka dihentikan pasangan tuan rumah Thomas laybourn/Kamilla Rytter Juhl dengan kekalahan 19-21, 11-21.

Kelelahan setelah sehari sebelumnya bermain tiga game dalam dua pertandingan diakui Hendra sebagai penyebab kekalahan tersebut.

"Kemarin dua-duanya `rubber` (game), jadi agak lelah, ya mau bagaimana lagi," kata Hendra yang selain bermain ganda campuran bersama Vita juga tampil pada ganda putra bersama Alvent Yulianto.

Pada perempatfinal, Jumat, Hendra/Vita harus bermain tiga game untuk mengalahkan pasangan Jerman Michael Fuchs/Birgit Overzier 21-17 15-21 21-15, sementara bersama Alvent, Hendra kalah 21-17, 13-21, 19-21 oleh pasangan Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa.

(F005/I015/S026)